Minggu, 16 Juni 2019

Tips Membersihkan Kipas Atau Fan Power Supply Komputer

Hasil gambar untuk psu

Hasil gambar untuk psu

Untuk membersihkan kipas atau fan dari Power Supply yang di perlukan adalah
Kuas
Obeng
Minyak singer.

Usahakan sesering mungkin untuk membersihkan kipas PSU ini agar tidak terjadi macet atau debu yang akan membuat berisik ketika komputer sedang berjalan. Gunakanlah kuas untuk membersihkannya melalui lubang dibelakang CPU jika anda ingin hasil yang lebih baik gunakan vacum cleaner.

Berikut langkah untuk bongkar kipas PSU dan membersihkannya :

  1. Keluarkan PSU dari dudukannya dari casing PC atau komputer.
  2. Bongkar kotak atau case PSU
  3. Gunakan obeng untuk membuka empat baut pengait yang ada di sisi atas casing, setelah terbuka bersihkan debu yang menempel di papan sirkuit elektronik dan kipas dengan menggunakan vacum atau penyemprot udara bertekanan ringan, jika tidak ada gunakan kuas.
  4. Kalau berniat mengganti kipas tersebut, lepaskan empat baut kipas PSU dengan menggunakan obeng, lalu copot kipas dari casing PSU dan tentu saja dengan resiko segel akan rusak kalo masih dalam garansi maka tukarkan dengan yang baru.
  5. Karena sudah terbuka sekalian oleskan oli atau minyak singer yang biasa di pakai para penjahit ke dalam bagian kipas tepat di tengah, untuk bagian ini memang sedikit susah karena kipas tidak dapat di bongkar jadi hati - hati saat mengolesinya.
  6. Tutup casing PSU dan kencangkan baut kecil di keempat sudutnya. 
  7. Setelah selesai, pasang PSU ke case PC atau komputer dan hubungkan kembali konektor power ke motherboard dan komponen lain.

Fan Komputer

Yang perlu diperhatikan, jika kalian awam atau tidak tahu apa - apa tentang elektronik terlebih komputer, jangan sekali-kali membuka PSU adapter, lebih baik beli kipas baru dan dan minta tolong teknisi komputer.

Selalu pilih kipas baru yang memiliki ukuran fisik sama dengan kipas lama PSU dan samakan pula tegangan (V) dan arusnya (A).

link video:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Unggulan

Speaker Aktif Simbadda CST6900N

Speaker Simbadda merupakan speaker aktif yang banyak dipakai untuk membuat home theater kecil di dalam rumah. Biasanya menggunakan komputer ...